Kamis, 26 Mei 2011

SELEBRITI, SELEBRITAS, atau SELEBRITIS???

Selebriti, selebritas, atau selebritis??? Itu yang pertama muncul di pikiran kita kalau melihat beberapa berita "infotainment" (atau yang lebih tepat dengan "berita hiburan") yang ditayangkan di beberapa stasiun TV di Indonesia. Beberapa stasiun TV menyebutkan kata selebriti, stasiun TV lainnya ada yang menggunakan selebritas ataupun selebritis. Jadi, manakah yang merupakan kata baku dalam bahasa Indonesia? Kalau kita menilik ke aturan pengalihbahasaan dari bahasa Inggris ke bahasa indonesia, kata bahasa Inggris yang berakhiran "-ty" dalam bahasa Inggris akan berubah menjadi "-tas" dalam bahasa Indonesia. Misalkan saja, university menjadi universitas, community menjadi komunitas, commodity menjadi komoditas. Sekilas kita akan mengambil kesimpulan bahwa yang benar menurut tata bahasa Indonesia adalah "selebritas" bukan "selebriti" ataupun "seleberitis". Namun, Bahasa Indonesia memiliki rujukan apabila terdapat suatu kata yang membingungkan manakah yang baku dalam bahasa Indonesia. KBBI merupakan satu rujukan yang digunakan para ahli bahasa untuk membuat hasil karyanya di bidang Bahasa Indonesia. Menurut KBBI edisi 3 terbitan Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional, kata selebritas tidak terdapat dalam salah satu lema yang ada di dalam KBBI, malah, kata "selebriti" terdapat di dalam lema KBBI yang memiliki arti "orang yg terkenal atau masyhur (biasanya tt artis)". Sedangkan kata "selebritis (celebrities)" merupakan bentuk plural dari kata selebriti (celebrity) dalam bahasa Inggris. Karena bahasa Indonesia tidak mengenal bentuk plural atau tunggal, maka kata selebritis jelas sangat tidak sesuai dengan bahasa Indonesia. Sekarang permasalahannya adalah, manakah yang baku menurut bahasa Indonesia? Selebritas? Atau selebriti? Daripada kita bimbang dalam memilih kata di antara dua kata tersebut, akan lebih baik kalau kita menggunakan kata "pesohor" atau "artis" untuk menggantikan kata "selebriti" atau "selebritas" yang sangat kontroversial tersebut.

4 komentar:

  1. Salam kenal! Kebetulan saya sedang menulis karya ilmiah yang menggunakan terminologi ini. Di kamus besar bahasa Indonesia yang saya miliki, tidak terdapat kata 'selebriti' ataupun 'selebritis', yang ada adalah 'selebritas', sebagai makna dari 'pesohor'.

    BalasHapus
  2. saya ingin jadi selebriti atau selebritas????

    BalasHapus
  3. Terima kasih berkat tulisan Pak Fajar, semakin banyak orang yang mengenal http://selebritas.com/

    BalasHapus

SELAMAT DATANG

Maligayang pagdating sa Fajar Blog. Ang blog na ito ay nagbibigay ng tungkol sa mga wika sa mundo... Maligayang paglalakbay sa blog na ito!!

PENAYANGAN

Facebook Saya

Bloggers.com

Muhammad Fajar - Find me on Bloggers.com

PERINGKAT

KUIS

OBROLAN

Followers