Senin, 27 Juni 2011

BAHASA TELUGU (తెలుగు)

Bahasa Telugu adalah bahasa utama yang dituturkan di negara bagian Andhra Pradesh dan distrik Yanam, di mana bahasa tersebut merupakan bahasa resminya. Bahasa ini juga dituturkan di negara-negara bagian tetangga, seperti Chattisgarh, Karnataka, Maharashtra, Orissa dan Tamil Nadu, itu merupakan bahasa dengan jumlah penutur asli terbesar ketiga di India (74 juta pada tahun 2001) dan ketiga belas dalam daftar bahasa yang sering dituturkan di seluruh dunia.

Konten Isi
1. Etimologi
2. Fonologi
3. Alfabet
4. Tata Bahasa
5. Kosa Kata
6. Sistem Penulisan
7. Contoh percakapan bahasa Telugu

Etimologi

Etimologi bahasa Telugu tidak diketahui secara pasti. Bahasa ini diperkirakan telah diturunkan dari trilingga, seperti pada Trilingga Desa, "Negara dari Tiga Lingga". Menurut legenda Hindu, Syiwa turun sebagai lingga di tiga gunung, yaitu Kaleswara, Srisaila dan Brimeswara yang menandai batas-batas negara Telugu.
Trilingga Desa membentuk batas-batas tradisional wilayah Telugu. Telugu juga dikenal sebagai "Tenungu", "Tenugu" dan "Telungu" yang semuanya dipopulerkan oleh Nannayya dan Tikkana.

Fonologi

Bahasa Telugu adalah satu-satunya bahasa di India yang memiliki semua kata yang berakhiran dengan suara vokal. Telugu disebut "Italia Timur" oleh penjelajah Italia, Niccolò Da Conti. Dia menciptakan istilah tersebut pada abad 15 ketika mengunjungi Kekaisaran Wijayanagara pada masa pemerintahan Vira Vijaya Bukka Raya di tahun 1520-an.
Seperti bahasa Turki, bahasa Hungaria, dan bahasa Finlandia, kata-kata dalam bahasa Telugu juga memiliki huruf vokal dalam akhiran infleksional yang diselaraskan dengan vokal suku kata sebelumnya.
Bahasa Telugu menampilkan bentuk harmoni vokal dimana vokal kedua di nomina bersuku dua dan akar kata sifat akan mengubah apakah vokal pertama bersifat tegang atau kendur. Jika vokal kedua adalah vokal terbuka (yaitu: /aː/ or /a/), maka vokal pertama akan lebih terbuka dan terpusat (misalnya [mɛːka] 'kambing', berlawanan dengan [meːku] 'kuku').

Alfabet

Onamaalu atau alfababet bahasa Telugu terdiri atas 60 simbol, yaitu 16 huruf vokal, 3 pengubah vokal dan 41 huruf konsonan. Alfabet Telugu dan Sanskerta adalah serupa dan menunjukkan korespondensi satu-satu. Bahasa Telugu memiliki set huruf-huruf yang mengikuti sistem ilmiah untuk mengekspresikan suara. Hal ini sangat mendukung untuk fonetik. Bahasa Telugu memiliki lebih banyak huruf daripada bahasa India. Beberapa dari mereka diperkenalkan untuk mengekspresikan nuansa halus dari perbedaan dalam suara.
Bahasa Telugu memiliki tanda Nol-penuh atau anusvāra ( ం ), Nol-setengah atau arthanusvāra atau Chandrabindu ( ఁ) dan Visarga untuk menyampaikan berbagai nuansa suara hidung. la dan La, ra dan Ra dibedakan.
Bahasa telugu memiliki .CH dan .JH yang tidak direpresentasikan dalam bahasa Sansekerta, dan S, SH, dan KSH yang tidak ditemukan dalam bahasa Tamil.
Tulisan Telugu dapat memperbanyak berbagai macam fonetik bahasa Sansekerta tanpa kehilangan orisinalitas teks itu. Telugu telah membuat huruf yang ekspresif semua suara dan karena itu harus berurusan dengan pinjaman yang signifikan dari bahasa Sansekerta, Tamil dan Hindustan.

Huruf Vokal
(A)
(AA/Ā)
(I)
(II/Ī)
(U)
(UU/Ū)
(R vokal)
(RR vokal)
(L vokal)
(LL vokal)
(E)
(EE/Ē)
(AI)
(O)
(OO/Ō)
(AU)
అం (AṀ)
అః (AḤ)

Huruf Konsonan


Sistem Penomoran
Bahasa Telugu memiliki sistem penomoran tersendiri yaitu seperti berikut.


Tata Bahasa

Aturan tata bahasa Telugu klasik secara keseluruhan disebut Vyākaraṇaṁ (వ్యాకరణం).
Risalah pertama pada tata bahasa Telugu, "Andhra Sabda Chintamani" ditulis dalam bahasa Sanskerta oleh Nannayya, yang dianggap sebagai penyair dan penerjemah bahasa Telugu pertama pada abad 11 Masehi. Tata bahasa ini mengikuti pola yang ada dalam risalah tata bahasa, seperti Aṣṭādhyāyī dan Vālmīkivyākaranam, tapi tidak seperti Panini, Nannayya membagi karyanya menjadi lima bab, meliputi samjnā, sandhi, ajanta, halanta dan kriya. Setiap aturan tata bahasa Telugu berasal dari konsep-konsep Pāṇinian.
Pada abad ke-19, Chinnaya Suri menulis sebuah karya sederhana pada tata bahasa Telugu yang disebut "Bala Vyākaranam" dengan meminjam konsep dan ide dari tata bahasa Nannayya.

Subjek-Objek-Verba
Urutan kalimat pada bahasa Telugu adalah SOV (Subjek-Objek-Verba):

Kalimat tersebut juga dapat diartikan "Ramudu akan pergi ke sekolah", tergantung pada konteks kalimat. Tetapi itu tidak memengaruhi urutan SOV.

Infleksi/Perubahan Suara
Tidak seperti bahasa Dravida lainnya, bahasa Telugu adalah bahasa infleksi, kata benda bahasa Telugu yang mengalami perubahan suara adalah nomor/bilangan (tunggal, jamak), jenis kelamin (maskulin, feminin, netral) dan kasus (akusatif, nominatif, genitif, datif, vokatif, instrumental dan lokatif).

Jenis Kelamin
Bahasa Telugu memiliki tiga jenis kelamin, yaitu maskulin, feminin dan netral.

Pronomina/Kata Ganti
Pronomina bahasa Telugu mencakup kata ganti orang (orang yang berbicara, orang berbicara kepada atau orang-orang atau hal-hal yang dibicarakan). Pronomina tak terbatas, kata ganti relatif (menghubungkan bagian-bagian kalimat) dan kata ganti timbal balik atau refleksif (di mana objek dari suatu kata kerja sedang bertindak dengan subjek verba itu).
Bahasa Telugu menggunakan bentuk yang sama untuk jenis kelamin feminin tunggal dan netral-kata ganti orang ketiga (అది/ad̪ɪ) digunakan untuk merujuk pada hewan dan benda.

Kosakata

Bahasa Telugu menggabungkan persentase yang tinggi dari kata-kata Bahasa Sanskerta dan Bahasa Inggris. Pada tingkat yang lebih rendah, bahasa Telugu juga berisi kata-kata bahasa Arab dan Farsi, seperti "maidanamu" (maydan dalam bahasa Arab), "kalamu" (qalam dalam Bahasa Arab) dan "bazaar" (kata asli Persia). Saat ini bahasa Telugu diklasifikasikan sebagai bahasa Dravida yang ditandai dengan kehadiran yang signifikan kata-kata pinjaman dari bahasa Sanskerta.
Kosakata bahasa Telugu, khususnya di wilayah Telangana memiliki koleksi pinjaman kata bahasa Arab-Farsi yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan fonologi bahasa Telugu. Hal ini disebabkan oleh pemerintahan Muslim berabad-abad di wilayah ini, seperti kerajaan-kerajaan bekas Golkonda dan Hyderabad. (misalnya: కబురు, /kaburu/ untuk bahasa Urdu dari /xabar/, خبر atau జవాబు, /dʒavaːbu/ untuk bahasa Urdu dari /dʒawɑːb/, جواب).
Kosakata bahasa Telugu modern dapat dikatakan membentuk diglosia karena versi formal dan standar bahasa sangat dipengaruhi oleh bahasa Sanskerta yang juga diajarkan di sekolah-sekolah dan digunakan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga agama Hindu. Namun, bahasa Telugu sehari-hari bervariasi tergantung pada wilayah dan status sosial.

Sistem Penulisan

Nama Telugu ditulis
dalam huruf Telugu

Sejarawan muslim terkenal dan cendekiawan abad 10, Al-Biruni mengacukan bahasa dan naskah bahasa Telugu sebagai "Andhri".
Naskah bahasa Telugu ditulis dari kiri ke kanan dan terdiri atas urutan karakter sederhana dan/atau kompleks. Skripnya adalah suku kata di alam-unit dasar penulisan suku kata. Karena jumlah suku kata yang mungkin sangat besar, suku katanya terdiri atas lebih unit dasar, seperti huruf vokal (“achchu” atau “swaram”) dan huruf konsonan (“hallu” atau “vyanjanam”). Konsonan dalam gugus konsonan mengambil bentuk yang sangat berbeda dari bentuk yang mereka ambil di tempat lain. Konsonan yang dianggap murni ialah tanpa suara vokal di dalamnya. Namun, itu sangat tradisional untuk menulis dan membaca konsonan dengan suara huruf vokal "a" yang tersirat. Ketika konsonan digabungkan dengan tanda-tanda vokal lain, bagian vokal ditunjukkan secara ortografi menggunakan tanda-tanda vokal yang dikenal sebagai "maatras". Bentuk vokal "maatras" juga sangat berbeda dari bentuk vokal yang sepadan.
Pola keseluruhan terdiri atas enam puluh simbol, yang 16 adalah vokal, tiga pengubah vokal, dan empat puluh satu konsonan. Spasi digunakan sebagai pemisah antarkata-kata.
Kalimat dalam bahasa Telugu diakhiri oleh garis tegak tunggal | ("purna viramam") atau garis tegak ganda || ("deergha viramam"). Secara tradisional, dalam tulisan tangan, kata-kata bahasa Telugu tidak dipisahkan oleh spasi. Tanda baca modern (koma, titik koma, dll.) diperkenalkan dengan munculnya cetakan.
Ada satu set simbol untuk angka, meskipun angka Arab biasanya digunakan.
bahasa Telugu diberikan poin kode Unicode: 0C00-0C7F (3072-3199).

Contoh Percakapan Bahasa Telugu

హాయ్, మీ పేరు ఏమిటి? (Hāy, mī pēru ēmiṭi?/hai, siapa namamu?)
నా పేరు . . . ఉంది. (Nā pēru . . . undi./Namaku . . . .)
మీరు ఎక్కడ నివసిస్తున్నారు? (Mīru ekkaḍa nivasistunnāru?/Dimana kamu tinggal?)
మీరు ఎక్కడ నుండి ఉన్నాయి? (Mīru ekkaḍa nuṇḍi unnāyi?/Darimana kamu berasal?)
నేను ఇండోనేషియా నుండి వస్తాయి. (Nēnu iṇḍōnēṣiyā nuṇḍi vastāyi./Saya berasal dari Indonesia.)
ఉదయం మంచి! (Udayaṁ man̄ci!/Selamat pagi!)
మధ్యాహ్నం మంచి! (Madhyāhnaṁ man̄ci!/Selamat siang!)
సాయంత్రం మంచి! (Sāyantraṁ man̄ci!/Selamat sore!)
రాత్రి మంచి! (Rātri man̄ci!/Selamat malam!)
పుట్టినరోజు శుభాకాంక్షలు! (Puṭṭinarōju śubhākāṅkṣalu!/Selamat ulang tahun!)

9 komentar:

  1. wahhh .puyeng bener ngeliat tulisan dan kalimat bahasa Telugu

    BalasHapus
  2. siapa sih yg tulis artikel ni...boleh kenal gak?aku ada surat bahasa telugu tapi gak tau artinya?...ni fb ku thika_manis@rocketmail.com/afni donna sianipar
    makasii

    BalasHapus
  3. Bahasa Telugu memang merupakan salah satu dari 23 Bahasa resmi di India

    BalasHapus
  4. wah kayanya yang punya blog bisa multi bahasa nih!


    Daily beauty routine

    https://shopee.co.id/Daily+Beauty+Routine+1-3+Agustus-col.23055?smtt=1.3303

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mantap yg buat blog. Maju terus. Bahasa Tamil ada nggak

    BalasHapus

SELAMAT DATANG

Maligayang pagdating sa Fajar Blog. Ang blog na ito ay nagbibigay ng tungkol sa mga wika sa mundo... Maligayang paglalakbay sa blog na ito!!

PENAYANGAN

Facebook Saya

Bloggers.com

Muhammad Fajar - Find me on Bloggers.com

PERINGKAT

KUIS

OBROLAN

Followers